Tel: (0274) 586239   Email: sekr-btipdp@bppt.go.id

BPPT - UGM Jalin Kerjasama Tingkatkan Iptek dan Inovasi

BPPT dan Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan penandatanganan kerjasama yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kedua pihak dalam melakukan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta pengkajian dan pemasyarakatan teknologi. Sehingga diharapkan dari kerjasama ini dapat diperoleh hasil untuk meningkatkan kemampuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi, untuk mendukung pembangunan nasional.

 

 

Kepala BPPT, Marzan A. Iskandar, mengatakan bahwa ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi, tidak hanya sekedar harus maju. Tapi, harus juga mampu berkontribusi secara nyata dalam pembangunan, bahkan harus menjadi arus utama dalam pembangunan. "Dari kesepakatan bersama ini BPPT dan UGM tidak hanya menghasilkan kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi, tapi juga akan memperkuat kemitraan dengan industri, masyarakat, dan penentu kebijakan," terang Marzan usai penandatanganan di Ruang Sidang Majelis Wali Amanat (MWA), UGM, Yogyakarta, (13/3).

Adapun kerjasama ini meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat; bidang pengkajian dan pemasyarakatan teknologi yang strategis; pengembangan dan perekayasaan sistem inovasi; serta peningkatan sumber daya manusia. "Kesepakatan bersama ini akan berbentuk pertukaran data dan informasi untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan dan pelatihan, pemanfaatan dan penerapan hasil-hasil penelitian, pengembangan dan perekayasaan yang telah ada, dan pemanfaatan sarana dan prasarana sesuai kebutuhan," terangnya.

 

BPPT dan UGM, tutur Marzan berpeluang mengimplementasikan penguatan sistem inovasi daerah, pengembangan klaster industri, pengembangan jaringan inovasi dan pengembangan teknoprener dan audit teknologi. “Pada bidang energi, Baron Technopark yang ada di Gunungkidul dapat kita jadikan titik masuk kemitraan. Kemudian melalui Balai Pengkajian Dinamika Pantai (BPDP-BPPT) sebagai mitra untuk pengembagan kawasan pantai dan pelabuhan di Indonesia,” pungkasnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Rektor UGM Pratikno, berharap agar kesepakatan bersama ini dapat meningkatkan kemajuan pendayagunaan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi, untuk pembangunan nasional.

 

"Percepatan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi, perlu dilakukan oleh peneliti-peneliti di Indonesia, karena globalisasi dan keterbukaan pasar tidak akan bisa dihindari. Menutup diri adalah sesuatu yang tidak mungkin dilakukan. Kita harus sadar untuk memenangi kompetisi global tentu saja ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi harus terus didorong kemajuannya," kata Pratikno. (tw/SYRA/Humas)

SNI ISO/IEC 17025:2008

SNI ISO/IEC 17020:2012

Statistik Pengunjung

1.png1.png7.png2.png1.png5.png
Today37
Yesterday100
This week345
This month2274
Total117215

Kontak Kami

Jl. Grafika 2, Sekip Yogyakarta 55281
Telp. 62-274 586239 / Fax. 62-274 542789

Kantor Perwakilan :
BPDP-BPPT, Gedung BPPT II, Lantai 10
Jl. M.H Thamrin No. 8, Jakarta 10340
Telp. 62-21 3169398 / Fax. 62-21 3169393