Tel: (0274) 586239   Email: sekr-btipdp@bppt.go.id

Hidro Oseanografi

Layanan survey laut atau survey hidrooseanografi BTIPDP

Layanan survey laut atau survey hidrooseanografi BTIPDP

 

BTIPDP sebagai salah satu balai layanan di bawah BPPT dengan tugas pokok Melaksanakan kajian dan layanan jasa yang terkait dengan  infrastruktur pelabuhan dan dinamika pantai. Salah satu ruang lingkup layanan BTIPDP adalah pengukuran survey laut atau survey hidrooceanografi sehingga dihasilkan data – data hidrooseanografi sebagai dasar pelaksanaan kajian dan layanan jasa terkait dinamika pantai dan insfrastruktur pelabuhan secara utuh dan menyeluruh. Kunjungan dan survey lapangan merupakan kegiatan di lokasi dalam rangka pengumpulan data dan informasi yang berguna bagi penilaian kondisi fisik pantai secara umum dan khusus. Pengukuran meliputi pengambilan data berupa parameter gelombang, pasang surut, arus, sedimentasi, topografi darat dan bathimetri. Dalam melakukan tugas pokok tersebut maka sangat diperlukan.

Dengan tugas pokok BTIPPD Melaksanakan kajian dan layanan jasa yang terkait dengan infrastruktur pelabuhan dan dinamika pantai maka layanan survey hidrooseanografi BTIPDP mengfokuskan diri dan berkecipung pada area pantai. Layanan survey hidrooseanografi BTIPDP merupakan layanan yang komprehensif.  BTIDP mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan dan pengolahan data survey hidrooseanografi sesuai dengan kebutuhan user. Bahkan BTIPDP mampu memanggunakan dan memanfaatkan hasil survey hidrooseanografi sampai menjadi sebuah produk berupa kajian, DED, FS dan lain-lain untuk kebutuhan pengembangan daerah pantai dan pelabuhan. leyanan survey hidrooceanografi sudah berpengalaman dalam menjalankan layanan ini dan sudah banyak mendapat permintaan layanan di dibidang ini. untuk melihat riwayat layanan bisa dilihat pada sejarah survey hidrooceanografi

 

Layanan survey hidrooceanografi di BPPT terdiri dari

1.       Survey Batimetri

Metode atau teknik penentuan kedalaman laut atau profil dasar laut dari analisa hasil data kedalaman dengan menggunakan metode single beam dan multy beam.

2.       Survey gelombang

Metode atau teknik pemantauan tinggi rendah gelombang permukaan dengan menggunakan alat ADCP. Alat ini mampu mengukur gelombang dan arahnya sekaligus arus dan arahnya. ADCP bisa dikonfigurasi untuk mengukur gelombang dan arus secara bersamaan atau salah satu saja.

3.       Survey arus

Survey arus meliputi survey kecepatan dan arah arus di lokasi tertentu seperti gerbang pelabuhan, terusan dan daerah-daerah yang digunakan untuk tempat bersandar kapal. Survey arus bisa dilakukan dengan metode vessel mounted atau bottom mounted.

4.       Survey pasang surut

Pengamatan pasang surut pada kegiatan survey hidrografi bertujuan untuk menentukan bidang acuan kedalaman(muka air laut rerata, muka surutan) serta menentukan koreksi hasil survey.

5.       Survey profil lapisan bawah laut

Survey lapisan bawah laut untuk mengetahui lapisan tanah dasar laut hingga kedalaman tertentu. Dengan survey ini, kita bisa mengetahui jenis-jenis lapisan tanah di dasar laut, misalnya lumpus, pasir, batuan, dll. Survey profile lapisan bawah laut dilakukan dengan menggunakan alat Sub Bottom Profiler (SBP). Alat ini memancarkan gelombang ultrasonik yang mampu menembus hingga kedalaman tanah tertentu kemudian menerima gelomang pantul. Berdasar gelombang pantul yang diterimanya, alat  (SBP) mampu menghitung pola lapisan tanah dasar laut.

6.       Survey kualitas air

Survey kualitas air dilakukan untuk mengetahui sifat-sifat fisik dan kimia air (parameter-parameter air) misalnya tekanan, suhu, kandungan oksigen, kekeruhan air, konduktivitas dan lain-lain.

 

untuk mendukung layanan tersebut balai teknologi infrastruktur dan pelabuhan di dukung dengan peralatan yang mumpuni,untuk melihat daftar peralatan survey hidrooceanografi bisa dilihat pada peralatan survey

SNI ISO/IEC 17025:2008

SNI ISO/IEC 17020:2012

Statistik Pengunjung

1.png1.png7.png2.png1.png6.png
Today38
Yesterday100
This week346
This month2275
Total117216

Kontak Kami

Jl. Grafika 2, Sekip Yogyakarta 55281
Telp. 62-274 586239 / Fax. 62-274 542789

Kantor Perwakilan :
BPDP-BPPT, Gedung BPPT II, Lantai 10
Jl. M.H Thamrin No. 8, Jakarta 10340
Telp. 62-21 3169398 / Fax. 62-21 3169393